Tuesday, May 14, 2013

Cara Mengecek Apakah Suatu Situs : Penipu atau Bukan

Semangat para netter pemula untuk mempelajari jagad internet sangat tinggi dan bahkan kadang membabi buta, pokoknya asal menarik perhatian langsung dicoba. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para penipu atau scams, mereka menawarkan bermacam-macam program, ada yang menjual produk, menjual jasa, mengajak investasi dengan hasil yang menggiurkan, dan berbagai macam trik yang disajikan untuk menggaet para calon korban. Tentu siapa pun tidak ingin jadi korbannya.

Untuk menilai tingkat kredibilitas suatu situs/program dan mengetahui apakah dia scam/penipu atau bukan, maka disini saya tampilkan dua cara sederhana yang mudah-mudahan bermanfaat :

  1. Menilai tingkat ke-terpercaya-an suatu situs/program.
    Silahkan buka web http://www.scamadviser.com lalu masukkan url atau alamat situs program tersebut. Contohnya sekarang saya masukkan alamat url blog saya sendiri :

    Untuk memperbesar gambar, silahkan klik gambar tersebut.

    Hehe... situs saya tingkat keterpercayaannya 100%, bisa dipercaya...

    Apabila tingkat ke-terpercaya-an nya di bawah 50% maka akan sangat beresiko jika Anda mengikuti program yang ditawarkan situs tersebut.

    Namun apabila tingkat keterpercayaannya diatas 50%, maka sebaiknya Anda mengecek lagi dengan cara yang kedua.

    Contoh lain:

    Ketika saya mengecek web Cakning seperti yang saya ceritakan pada artikel Cara Berjualan Secara Online Dengan Modal Kecil untuk mengetahui apakah web tersebut layak untuk dijadikan pemasok produk online saya atau tidak layak? Maka hasilnya adalah :

    Nilai keterpercayaannya 82% cukup layak untuk dapat dipercaya, tapi untuk meyakinkan lagi saya lanjutkan mengecek dengan cara yang kedua.

  2. Melihat pendapat member yang sudah bergabung dengan program tersebut.
    Silahkan buka mesin pencari Google, lalu ketikan "nama program + scam" atau "nama program + penipu" contohnya saya masukkan situs PTC ClixSense yang programnya sudah saya sampaikan pada artikel Mengalirkan Dollar ke Akun PayPay, saya ketik "clixsense.com scam" maka akan tampil pendapat para member dan para peneliti situs tersebut.

    Contoh lain :

    Ketika saya mengecek di mesin pencari Google dengan mengetik beberapa kriteria: "cakning scam" lalu "cakning penipu", terus juga "cakning penipuan", saya tidak menemukan membernya atau peneliti situs yang menyatakan hal yang tidak baik tentang Cakning,  maka saya pun "laa haula" menjadi membernya dengan membayar Rp100 ribu rupiah. Dan ternyata tindakan saya benar, maka pengalaman yang baik ini saya ceritakan kembali dalam sebuah artikel yang tautannya sudah saya tulis di atas.

Saya hanya memberi cara analisis, keputusan sepenuhnya ada di tangan Anda, karena Anda sendiri yang akan merasakan hasilnya.

Semoga apa yang saya bagikan bermanfaat.

3 comments:

  1. terima kasih tipsnya... kita memang harus tetap hati2 dengan berbagai transaksi yang ada diinternet...
    Cara Cek Situs Scam

    ReplyDelete
  2. kalau saya untuk mengecek suatu situs palsu atau tidaknya cukup di pandi.id saja tapi khusus yang berdomain .id
    karena saya akan langsung diberitahu pihak pandi bagaimana cara mengetahui website penipuan tersebut dengan mudah

    ReplyDelete
  3. Kalau saya.., Jika saya mengetahui indikasi sebuah penipuan online, langsung saja saya share melalui situs laporpolisi.com beserta bukti yang ada, supaya masyarakat luas biar tahu siapa nama-nama situs yang melakukan penipuan tersebut

    Selain itu.., jika anda semua berencana melakukan transaksi atau transfer uang, lebih baik cari review nya dulu nama toko online tersebut di situs laporpolisi.com, agar lebih aman

    ReplyDelete